BERITA

HMJSEI STAIN SAS Babel Pelatihan Mengurus Jenazah

Diposting oleh Administrator | Selasa, 13 Juni 2017 - 01:21:25 WIB

Bangka ( 13/6/2017). Dalam rangka meningkatkan motivasi pembelajaran dalam pengetahuan agama khususnya dibidang fiqih yaitu tentang cara mengurus jenazah dengan mengkafani , memandikan, menshalati, sampai mengantarkan dan menguburkan jenazah tersebut. Cara mengurus jenazah ini sangat lah penting karena proses ini langsung dipraktekan dimasyarakat umum .
Himpunan Mahasiswa Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam (HMJSEI) STAIN SAS Babel telah bekerja sama dengan CV. Mitra dan Bupati Bangka atas sponsor dana pada acara ini, dan mereka mensurvei hanya 60 orang jurusan syariah yang beruntung akan ikut dan melihat bagaimana pelatihan mengurus jenazah ini.
Adapun ibadah ini merupakan salah satu yang paling penting, dilihat dari yang sudah dipelajari sepertinya mudah dan gampang, akan tetapi amatlah susah karena setiap kesalahan akan selalu berdampak pada orang yang tidak memgetahui ilmu dalam praktek mengurus jenazah ini, untuk itu HMJSEI memberikan pelatihan terbaik agar mahasiswa umumnya dapat mengetahui cara mengurus jenazah dengan baik dan benar karena ketika mereka nanti KKN (Kuliah Kerja Nyata) ataupun misalkan ada sanak saudara yang meninggal tak akan kaget lagi, sebab sudah siap untuk praktek jika sudah memahaminya.
Selanjutnya, selain dengan adanya materi yang diberikan praktek langsung juga sangatlah bermanfaat untuk memotivasi setiap pribadi agar mengingat kematian.
Shalat jenazah ini tentu berbeda dari shalat fardhu , shalat jenazah tidak melakukan rukuk dan sujud, hanya terdiri dari 1.niat 2. Takbir pertama (alfatihah) 3. Takbir kedua Shalawat nabi 4.Takbir ketiga membaca doa jenazah 5. Takbir kelima (minimal doa) 6.salam
Tujuan dari kegiatan ini sangat lah bermanfaat untuk mahasiswa agar lebih berwawasan luas akan ilmu, dan memahami segala sesuatu yang akan terjadi disekitar dengan cepat dan sigap, karena hukum melaksanakan shalat jenazah ialah fardhu kifayah dan keutamaannya sangat lah jelas " apabila menshalati jenazah dan mengantarnya ke kuburan maka akan mendapat dua qirath yakni 2 gunung besar " (H. R ABU HURAIRAH)
Melalui acara ini HMJSEI berharap agar selalu meningkatkan motivasi dalam belajar dan jangan hanya sekedar 3 d + 1 s yaitu ( duduk, diam datang dan sertifikat) . Mahasiswa haruslah gesit dalam menginginkan ilmu bukan karena iming2 belaka akan tetapi ilmu yang kecil didapatkan dan akan bermanfaat buat orang banyak.