BERITA

386 Calon Mahasiswa Rebut Kursi Ujian Jalur Mandiri di STAIN SAS Babel

Diposting oleh Administrator | Selasa, 25 Juli 2017 - 05:57:58 WIB

Bangka ( 25/7/2017). Sebanyak 386 calon mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah Bangka Belitung dan sekitarnya mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri Tahun 2017 yang digelar di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bangka Belitung. Seleksi PMB Jalur Mandiri ini berlangsung selama 1 Hari.
Perlu diketahui, seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri merupakan seleksi penerimaan mahasiswa yang dikelola langsung oleh STAIN SAS Bangka Belitung dengan memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif serta tidak membedakan jenis kelamin, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa.
Seleksi PMB Jalur Mandiri ini menggunakan sistem seleksi ujian tertulis. Ujian tertulis jalur Mandiri menggunakan soal ujian yang memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Ujian jalur mandiri dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa disemua program studi di STAIN SAS Babel, yang meliputi tes potensi akademik, Bahasa dan Keislaman, IPS dan Wawancara dan Qiroatul Quran
Para calon mahasiswa berjuang keras untuk bisa lolos dan berhasil menduduki kursi di perguruan tinggi sesuai dengan cita-cita yang mereka impikan. Mereka harus bersaing dengan sangat ketat dalam ujian ini, mengingat kuota kursi di STAIN SAS Babel yang di perebutkan terbatas.
Sehari sebelum pelaksanaan seleksi PMB Jalur Mandiri, banyak dari calon mahasiswa mendatangi kampus STAIN SAS Babel untuk mengetahui tempat ujian yang akan mereka jalani. Banyak juga diantara mereka yang datang ke kampus STAIN SAS Babel diantar oleh orang tua atau saudaranya.
Hasil kelulusan seleksi PMB Jalur Mandiri ini dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2017 di website STAIN SAS Babel, http://stainbabel.ac.id.