BERITA

KSR PMI STAIN SAS BABEL GELAR SEMINAR

Diposting oleh Administrator | Rabu, 11 Oktober 2017 - 22:31:59 WIB

Bangka( 10 /10/2017). Seminar dengan tema “Simulation Emergency Evacuation and Vertical Rescue” diselenggarakan oleh unit kegiatan khusus Korp Sukarelawan Palang Merah Indonesia (KSR PMI) STAIN SAS Bangka Belitung pada hari Sabtu, 07/10/2017. Sebanyak 100 lebih mahasiswa/i yang terdiri peserta dan tamu undangan dari UKM, UKK STAIN SAS Babel, Unit PMI UBB dan Tim Basarnas turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Kegiatan seminar ini turut menghadirkan 2 narasumber yang memberikan materi kepada mahasiswa. Narasumber tersebut yaitu Raldian Syahbana selaku ketua pengurus PMI Kecamatan Rangkui Pangkalpinang dan tim Basarnas beserta anggotanya. Raldian mengatakan, menolong orang itu harus dilatih, kalau tidak dilatih sama saja bohong. Minimal yang bisa kita lakukan adalah menelpon ambulance dan tentunya harus mengetahui nomornya.
Dalam kesempatan ini ia juga menjelaskan cara-cara menangani korban kecelakaan bagi orang awam atau awam terlatih sebelum datangnya ambulance dan ia juga memberikan nomor Basarnas yaitu 115 sedangkan apabila terjadi tawuran langsung telepon ke nomor 113. Tidak cukup sampai disitu, tim Basarnas juga turut memberikan penjelasan tentang alat-alat penyelamatan, bagaimana cara menggunakannya dan menolong korbannya. Tidak hanya penjelasan yang mereka berikan tetapi langsung praktik dan melibatkan peserta secara langsung termasuk dalam simulasi penyelamatan korban dalam keadaan darurat.
Penampilan drama yang ditampilkan Kabaret Pangkalpinang di tengah-tengah acara ikut memeriahkan kegiatan ini, apalagi drama tersebut mengandung unsur komedi cukup mengocok perut disambut gelak tawa dan tepuk tangan peserta
Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan mahasiswa/i dapat memahami dan bisa membekali diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi bencana, minimal kita bisa mengevakuasi ataupun menyelamatkan diri sendiri, ujar Darwaman selaku Komandan Korp Sukarelawan PMI STAIN SAS Babel.
Saya sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini, apalagi saya mendapat hadiah karena aktif menjawab pertanyaan dari narasumber. Dengan mengeluarkan modal sedikit, kita sudah mendapatkan banyak ilmu apalagi bisa mengikuti praktik secara langsung bersama dengan narasumber dari Basarnas dalam simulasi penyelamatan korban dalam keadaan darurat, tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya, ujar Nurul Hudaya, salah satu perserta seminar.