BERITA

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM di Lingkungan STAIN SAS BABEL

Diposting oleh Administrator | Rabu, 13 Desember 2017 - 22:51:26 WIB

Bangka( 14/12/2017). Bertempat di rektorat Lantai II STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan STAIN SAS Babel. Dalam pencanangan tersebut turut hadir kepala Ombusmen Bangka Belitung Jumli Jamaludin, S.H, Wakil Ketua I Dr.H.Janawi,M.Ag.,Kabag AUAK Drs.H.Ika Robiantari, M.Pd.I., Para Kasubbag dan PNS di lingkungan STAIN SAS Babel. Ketua STAIN SAS Babel Dr. Zayadi, M.Ag dalam sambutanya unit kerja yang menjadi percontohan Zona Integritas WBK dan WBBM di Lingkungan STAIN SAS Babel. Beliau mengatakan pembangunan zona integritas dilakukan untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh Dosen dan PNS yang merupakan komitmen untuk tidak melakukan korupsi.
Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu K/L yang pimpinannya mempunyai niat (komitmen) mencegah terjadinya korupsi dan mempunyai program kegiatan pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi di lingkungan kerja yang menjadi tanggung jawabnya. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada unit kerja pada ZI yang mempunyai indeks integritas tertentu dari hasil survei integritas dan telah mampu memenuhi indikator lain yang ditetapkan. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja pada ZI yang memenuhi syarat indikator mutlak dan memperoleh hasil penilaian indikator operasional 90 atau lebih. Unit Kerja yang dimaksud ialah unit kerja layanan masyarakat yang mandiri, mandiri dalam arti mengelola anggaran (DIPA) .
Dalam sambutan Kepala Ombudsman Bangka Belitung Jumli Jamaludin, S.H, menjelaskan persiapan yang sudah dilakukan pihaknya untuk pembangunan zona integritas yakni membentuk Tim Pembangunan Zona Integritas yang bertugas untuk menyusun rencana kerja, penetapan target capaian kerja, jadwal pelaksanaan kerja, dan pelaksanaan pemantauan implementasi rencana kerja pembangunan Zona Integritas, dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas yang bertujuan sebagai acuan dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, penyebarluasan informasi melalui metode sosialisasi yang bekerjasama dengan Tim Pembangunan Zona Integritas Pusat mengenai komponen komponen utama yang harus menjadi prioritas untuk dilakukan kepada Tim Pembangunan Zona Integritas, penandatanganan Pakta Integritas untuk seluruh pegawai di lingkungan STAIN SAS Babel, serta sosialisasi kepada seluruh pegawai mengenai Zona Integritas.
Dan Beliau mengajak kepada seluruh Dosen dan PNS yang hadir untuk berkomitmen menghindari praktik korupsi. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjadi lebih baik, mewujudkan wilayah bebas dari KKN dan lebih jauh lagi mewujudkan Pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.Perubahan ini tentunya tidak dapat dengan mudah dan cepat, namun perubahan ini harus kita mulai sekarang. Keberhasilan pembangunan Zona Integritas membutuhkan peran serta seluruh pihak, tidak hanya di unit percontohan, namun juga seluruh pihak.