BERITA

STAIN SAS BABEL TRANSFORMASI IAIN SAS BABEL

Diposting oleh Administrator | Kamis, 12 April 2018 - 02:54:09 WIB

Bangka ( 12/4/2018). Perjuangan panjang perubahan bentuk atau transformasi STAIN menjadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, akhirnya berbuah manis. Tertanggal 5 April 2018 Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Pepres nomor 30 tahun 2018. Itu juga berarti STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung telah resmi diakui berubah bentuk menjadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

Pasal 1 dalam Perpres tersebut jelas menyatakan "Dengan Peraturan Presiden ini, didirikan Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sebagai perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung."

Upaya perubahan bentuk itu sendiri telah dimulai pada akhir tahun 2014, tepatnya pada Oktober 2014. Diawali dengan pembentukan kepanitiaan dan menggarap naskah akademik. Pada tahun berikutnya, yakni tahun 2015 naskah itu pun lantas dibawa ke Kementerian Agama (Kemenag) Pusat. Naskah akademik itu pun akhirnya diterima setelah dua kali dipresentasikan. Di pengujung tahun 2016, naskah tersebut kemudian diserahkan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan).

Perjuangan perubahan bentuk itu semkain diperkuat dengan pernyataan Menteri Agama pada awal 2017. Pada kesempatan tersebut, Menteri Agama menuturkan bahwa setidaknya setiap Provinsi harus memiliki satu IAIN. Perjuanganpun lantas berlanjut hingga keluarnya Perpres nomor 30 tahun 2018, Perpres yang memang telah lama dinantikan.

Selain STAIN Syaikh Abdurrahman Sidik Bangka Belitung, ada tujuh kampus lain yang juga menikmati buah manis perjuangan perubahan bentuk. Tujuh kampus tersebut adalah STAIN Curup Bengkulu, STAIN Parepare Sulawesi Selatan, STAIN Watampone Sulawesi Selatan, STAIN Al-Fatah Jayapura Papua, STAIN Pamekasan, STAIN Kudus, dan STAIN Kediri.
"Alhamdulillah. Ini semua (perubahan bentuk) bisa kita perjuangkan karena berkat doa dan dukungan penuh dari seluruh masyarakat Bangka Belitung. Kami segenap keluarga besar STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengucapkan terimakasih yang tak terhingga. Insya Allah ini akan menjadi awal yang lebih baik untuk kemajuan Bangka Belitung," kata Zayadi, Ketua STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.