Agenda

25 Jan

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kasubbag AKA)

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni) akan dilaksanakan pada hari ini pukul 09.30... Baca Selengkapnya

01 Okt

Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015

Nama Kegiatan: Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015.Peserta Kegiatan: Seluruh PNS &CPNS di lingkungan STAIN Syaikh... Baca Selengkapnya

27 Jul

Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN 2015

Pada tanggal 24-25 Juli 2015 telah dilaksanakan sidang kelulusan untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan hasilnya akan diumumkan pada hari... Baca Selengkapnya

BERITA

IAIN SAS Babel Gelar RdK (Ramadhan di Kampus)

Diposting oleh Administrator | Senin, 04 Juni 2018 - 01:08:36 WIB

Bangka( 4/6/2018). Marhaban Ya Ramadhan. Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan sekaligus ungkapan rasa syukur atas transformasi kampus menjadi Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel), Program Pengembangan Keagamaan Islam (P2KI) menyelenggarakan kegiatan RdK (Ramadhan di Kampus) dengan melibatkan warga kampus: Mahasiswa, Dosen, Pegawai, Pimpinan IAIN SAS Babel.

Adapun kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) dilaksanakan di Mushola Ash-Siddiq IAIN SAS setiap hari Senin-Jumat dari pukul 12.00 WIB hingga 20.30 WIB. Agenda kegiatan tersebut di antaranya taddarus, hafalan Al-Qur’an, yasinan, hataman Al-Qur’an, kajian keislaman, buka puasa bersama, dan tarawih.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi antarwarga kampus, mendorong ghirah fastabiq al-khairat dalam menggapai berkah di bulan Ramadhan, serta sebagai media peningkatan kemampuan bidang tahsin, tahfid, dan tilawah Al-Qur’an serta ibadah kemasyarakatan Mahasiswa IAIN SAS Babel.
Kegiatan ini mendapat sumbangan dana dari PT. Timah Tbk., Dosen dan Pegawai IAIN SAS Babel.

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan bisa dijalankan setiap tahun. Dengan begitu, setiap bulan Ramadhan menjadi hidup dengan beragam kegiatan yang positif untuk meningkatkan potensi para mahasiswa di bidang keagamaan, seperti membaca Al-Qur'an, mengisi kultum, serta menjadi bilal dan imam tarawih.

Selain itu, melalui RdK, diharapkan jalinan ukhuwah islamiyah semakin terpelihara serta dapat meningkatkan kualitas hablum min Allah memalui ibadah di bulan suci Ramadhan.

Berdasarkan hal tersebut, Ketua Formasi IAIN SAS Babel, Maulana, menyatakan bahwa "Kami merespon positif sebab RDK itu kegiatan yang bagus dan memberikan manfaat. Pertama, menghidupkan suasana Ramadhan di kampus dengan kegiatan ibadah. Kedua, mahasiswa bisa melatih dan mempersiapkan diri sebelum terjun ke masyarakat".

"Karena sudah kita ketahui, di saat KKS masyarakat tahunya Mahasiswa IAIN SAS Babel unggul dalam bidang agama. Artinya, kita dituntut untuk paham tentang agama dan ibadah praktis yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Di sinilah mahasiswa mulai melatih dan mempersiapkan diri dalam bidang keagamaan seperti praktik ibadah keseharian."

"Kedepannya, semoga terus berlanjut, partisipasi dan antusiasme dari warga kampus pun meningkat."