Agenda

25 Jan

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kasubbag AKA)

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni) akan dilaksanakan pada hari ini pukul 09.30... Baca Selengkapnya

01 Okt

Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015

Nama Kegiatan: Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015.Peserta Kegiatan: Seluruh PNS &CPNS di lingkungan STAIN Syaikh... Baca Selengkapnya

27 Jul

Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN 2015

Pada tanggal 24-25 Juli 2015 telah dilaksanakan sidang kelulusan untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan hasilnya akan diumumkan pada hari... Baca Selengkapnya

BERITA

Gandeng Turnitin, IAIN SAS Babel Antisipasi Plagiasi

Diposting oleh Administrator | Jumat, 12 Oktober 2018 - 09:21:11 WIB

Bangka, 11/10/2018. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN SAS Babel menggelar kegiatan Admin Training and turnitin Instructors, (Kamis, 11 Oktober 2018). Kegiatan ini merupakan upaya kampus melalui LP2M untuk mengantisipasi adanya kasus palgiasi karya ilmiah dengan aplikasi anti plagiasi (plagiarism checker) turnitin.

Dr. Zayadi, M.Ag, rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung saat membuka kegiatan tersebut berpesan agar kasus plagiasi karya ilmiah tidak terjadi di kampus IAIN Sas Babel.

"Orisinalitas buah pemikiran, itu yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan kita. Hadirnya aplikasi anti plagiasi ini kita harapkan dapat menjaga keorisinalitas buah pemikiran para dosen juga mahasiswa," katanya.
Ririana yang didatangkan menjadi narasumber dari turnitin indonesia mengatakan bahwa aplikasi turnitin berbasis web. Artinya, tidak bisa digunakan offline.

"Aplikasi turnitin ini berbasis website. Turnitin juga tidak dapat memutuskan suatu hasil karya ilmiah plagiasi atau tidak. Turnitin ini untuk mendeteksi adanya kesamaan kata, lengkap dengan sumber lain," terang Ririana. Untuk itu, untuk menilai hasil karya tersebut palgiat atau bukan masih dibutuhkan pengecekan manual oleh editor.

Selain menjelaskan turnitin secara teoritis, Ririana juga mengajak dan melatih seluruh peserta kegiatan untuk langsung dapat menggunakan turnitin dari tahap ke tahap hingga keluar hasilnya. Ririana juga memberikan panduan cara membaca hasil cek dokumen yang diunggah ke turnitin.

Kartika Sari, M.Hum, Kepala Lp2M IAIN Sas Babel mengungkapkan, pihkan kampus telah berlangganan turnitin hingga satu tahun kedepan. Karenanya, ia juga berharap agar turnitin ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
"Kita juga berharap, penggunaan plagiarism checker turnitin ini dapat meningkatkan kualitas karya para dosen," katanya.